Magang di Inews? Boleh Juga




Artikel kali ini aku bakal share tentang masa-masa magangku di Inews. Fyi, Inews sudah punya gedung sendiri ya berseberangan dengan MNC Tower gondangdia. Untuk alamat lengkapnya Jl. K.H. Wahid Hasyim No. 28, Jakarta bisa kok di cek di google. So let’s started.









Dilema penempatan

Mulai dari awal, bulan Mei 2019 tepatnya tanggal 27 Mei aku bersama ketiga temanku melamar untuk magang di Inews. Kenapa di Inews? Karna tempatnya strategis banget dan banyak tempat makan. Selain itu, Inews juga masuk dalam grup MNC Media yang udah terkenal, meski ya tidak sebesar channel lainnya.
Proses lamaran magang cukup mudah, kami hanya bawa surat permohonan magang, KRS, KHS dan CV langsung ke kantor Inews di gondangdia. Sebelumnya kami memang sudah mengirim CV dan surat permohonan lewat email ke HRDnya. Lalu kami berinisiatif untuk mengantarkan sendiri berkas kami ke kantor dan kami juga punya teman yang sudah magang terlebih dahulu di sana jadi kami langsung dipertemukan oleh HRDnya.

Awalnya kami pikir hanya untuk mengantarkan berkas tapi hari itu kami interview bersama HRDnya bernama Mba Vicka. Saat interview kami hanya ditanya mengenai identitas diri, mata kuliah yang disenangi dan mau ditempatkan di mana selebihnya kami yang bertanya mengenai ketentuan magang di inews. FYI, Mba Vicka orangnya sangat baik dan bersahabat banget jadi suasana interview juga menyenangkan dan dia satu-satunya bagian HR yang mengurus internship jadi ya terkadang suka sibuk.

Setelah interview kami menunggu kabar selanjutnya untuk penempatan dan waktu mulai magang. 1 Juli Mba Vicka memberi kabar lewat telfon dan email untuk datang dan interview ke IDX Channel esok hari. IDX Channel sendiri channel berita yang berisi informasi mengenai pasar modal dan saham jadi ya beritanya tentang bisnis dan ada di gedung Bursa Efek Jakarta.

So, esoknya kami ke gedung IDX dan bertemu dengan HRnya mungkin.. kami interview berdua-dua. Disitulah saat menegangkannya karna kami yang ngeblank masalah bisnis ditanya tentang bisnis dan selesai interview kami diberi tugas membuat dua berita, satu tentang pasar modal dan satunya bebas dengan deadline jam 5 sore dan bergegaslah kita membuat berita itu. Beberapa minggu kemudian kedua teman saya dipanggil untuk dapat mulai magang di IDX sementara saya dan satu teman saya tidak.

Akhirnya kami berdua menanyakan perihal magang ke Mba Vicka lewat email. Karna Mba Vicka cukup sibuk jadi agak slow respon dan itulah yang buat hati gundah gulana. Lalu Mba Vicka bilang kalau saya dan satu teman saya tidak diterima di IDX. Ya sebenarnya agak sedih tapi senang juga karna gak harus berkutik sama dunia bisnis yang ribet itu. Mba Vicka menawarkan satu program yang memang sedang butuh anak magang. Namanya program Balada Orang Tangguh. Job desk nya di PA dan Creative. Saya pun riset dulu programnya seperti apa dan apa saja tugas PA serta Creative *takut ditanya lagi, biar bisa jawabnya* dan saya mengiyakan tawaran Mba Vicka daripada lama lagi nyari tempat magang ya gak..

Esoknya kami dipertemukan oleh produser program kami namanya Mba Wilda. Orangnya cukup tegas dan serius dalam pekerjaan tapi baik dan asik juga. saya kira akan diinterview lagi ternyata hanya ditanya kapan bisa mulai magang trus diajak untuk training dengan anak magang sebelumnya agar tahu jobdesknya tapi training tersebut gak jadi karna terus-terusan gak ada kabar. Sampai tanggal 12 kami awalnya ke kantor dengan niat bertanya kapan bisa magang tapi ternyata hari itu kami langsung magang. Dan jadilah saya magang di Balada Orang Tangguh (BOT) selama 45 hari.

Untuk magang di Inews minimal 2 bulan atau 40 hari. Dan inews gak menyediakan makan atau transport yaa jadi pure dari kita buat makan dan transportnya. Eitss tapi beda kok ditiap program. Tiap program saat syuting pasti akan nyiapin meals (makanan) buat crewnya. Jadi kalau programmu syuting terus yaa dapat makan terus.

Magang di Inews seru guys.... ya walaupun gak bakal luput dari orang-orang jutek dan geng-nge an, tapi untuk pengalaman kerja dan ilmu dapet banget kok. Dan yang bikin seru pastinya karna ada temen-temen magang lainnya. Intinya semua tergantung bagaimana kita beradaptasi dan mau terbuka sama lingkungan aja.
Buat yang magang, kita juga gak dapat kartu pers apalagi yang non news nih. Jadi hanya ada kartu akses aja yang warna merah dan hijau. Warna merah berlaku hanya sehari dan dari lantai 1-7 jadi tiap hari harus diganti, kalau yang hijau berlaku untuk seminggu dan bisa sampai ke lantai 9. Untuk dapat kartu ini kita harus tukar dengan kartu identitas kita biasanya sih KTP.




About BOT

Saya magang di Non-News Departement, program reality show Balada Orang Tangguh (BOT). Program ini sendiri bercerita tentang kisah inspiratif dari orang-orang kurang mampu dan disabilitas namun tetap bersemangat dan berusaha dalam mencukupi kebutuhan hidupnya. 

Program ini tayang pada Sabtu-Minggu pukul 15:00 WIB. Uniknya karena bernama balada jadi di VO nya (voice Over) terdapat prosa atau kata-kata mutiara kalau anak sekarang sih bilangnya qoutes. Untuk mendapatkan narsumnya, BOT punya beberapa kriteria jadi gak sembarang orang, biasanya dicari dari sosial media atau on the spot, kriterinya antara lain:

1. Bekerja atau berusaha
2. Disabilitas
3. Semua usia
4. Tidak mengamen, memulung, mengemis
5. Tidak berjualan tisu
6. Dapat berkomunikasi cukup baik dan tidak memiliki masalah pendengaran atau penglihatan

Buat temen-temen yang mau bantu cari narsum boleh banget yaa, bisa komen di bawah atau ke sosmed BOT. 

Magang di BOT seru banget dehh dan dapet banget ilmunya, ka Dhila sebagai production assistant (PA) ngajarin dengan fun dan baik hati bagaimana proses pra produksi sampai pasca produksi mulai dari nyiapin alat dan crew, nyiapin properti dan narsum di lokasi, mengkondusifkan lokasi syuting sampai editing dan kirim ke library untuk ditayangkan. Mba Wilda sebagai producer ngajarin bagaimana mencari narasumber serta wawancara narasumber. Dan ka Oji selaku creative ngajarin bagaimana membuat naskah yang bagus, ngena, dan sederhana gak Cuma itu tapi setiap hal yang berhubungan dengan naskah dan program tv juga diajarin sama ka Oji.

BOT biasanya akan syuting selama dua hari jika di daerah Jabodetabek dan yang pasti weekend (sabtu&minggu) lebih sering libur malah sepanjang aku pkl sabtu dan minggu selalu libur atau hanya upload video promosi ke akun sosmed yang gak harus pergi ke kantor dulu. Waktu kerjanya dari jam 12 atau 1 sampai jam 9 malam. Tapi kalau syuting sih biasanya jam 8-10 sudah dikantor buat berangkat syuting dan waktu paling lama syuting biasanya sampai jam 9 malam tergantung dari produser dan creative serta naskahnya.

Magang di acara ini akan membuat kamu lebih bersyukur akan hidupmu dan pengalaman bertemu dengan orang baru, melihat kehidupan orang-orang yang mungkin lebih kekurangan dari kita. Yang pasti skill komunikasi, skill team work juga akan terlatih. 

syuting time di bogor
Mentor seperti kakak sendiri, ka dhila
*ka Dhila yang di tengah yaa*














casting host baru



Penerus magangers BOT



Friends

Kalau bicara soal temen, aku merasa bersyukur banget punya mereka di masa-masa magang aku. Hari pertama itu, rasanya tegang dan kena jutekannya mentor sama orang administrasi yang mengurusi masalah absen anak magang. Tapi beruntungnya adalah teman-teman di inews sangat ramah dan baik. Mereka gak sok senior atau lainnya tapi saling ngasih tau hal-hal tentang magang di situ. Bahkan punya temen fangirl bareng. Temen jajan bareng. Temen curhat tentang kampus dan lainnya. Bener-bener berasa sudah bertemen lama padahal Cuma beberapa bulan doang. Very thankful for you guys yang terlalu banyak untuk disebutin satu satu.








Events

Selama magang di Inews aku ikut bantu beberapa event yaitu Indonesian Award dan Duta Muda Asean. So proud to be part of that event karna bisa ketemu sama para pejabat, artis, dan anak anak muda berbakat. Bisa tau gimana ribetnya buat acara live dan tapping. Yang paling berkesan sih acara Duta Muda Asean karena on that day aku pikir hanya akan minta nilai ke mentor tapi ternyata suruh bantuin acara juga tapi seneng banget karena ketemu sama Choky Sitohang, Nirina Zubir, Reza Rahadian, Nicholas Saputra, dan yang jadi pengisi acaranya Tulus..... kapan lagi coba liat Tulus perform tanpa harus beli tiket atau ikutan give away kan...






So that’s all cerita magang aku, kalau diceritain semua mah banyak banget capek ngetiknya yang pasti so memorable, dapat banyak banget pengalaman dan ilmu, gak menyesal untuk magang di sana. Kalau ada pertanyaan bisa kalian tanyakan ya di kolom komen atau mau lihat video-video ma(kan)gang aku bisa di ig aku @natashacecil. See you on another article.

Comments

Popular Posts